Cara Instalasi Pemasangan Tandon Air di Rumah Paling Mudah

Hallo sahabat MPOIN……Bagaimana dengan tangki airnya? Apakah sudah terpasang dengan baik di rumah anda? Atau masih bingun dengan cara pemasangan tandon air?. Baik, jika anda masih bingung mengenai cara instalasi tandon air di rumah, silahkan baca artikel ini hingga selesai. pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara pemasangan tangki air di rumah paling step by step.

Cara Instalasi Pemasangan Tandon Air di Rumah
Cara Memasang Tandon Air di Rumah Paling Mudah

Cara pemasangan tandon air di rumah memang tidak segampang ataupun tidak sesulit seperti yang anda bayangkan. Mengapa demikian? Jika dibilang sangat mudah, juga tidak bisa, karena dalam proses instalasi tandon air, perlu memperhatikan beberapa hal, seperti yang akan kita bahas ini nanti. Dan juga tidak terlalu sulit juga karena sudah banyak tutorial cara pemasangan tangki air di internet. Baik, sebelum melangkah lebih jauh lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memasang tandon air di rumah anda. Seperti di bawah ini.

Baca Juga: Tips Cara Memilih Tangki Air

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pemasangan tandon air di rumah

Dalam proses pemasangan toren air atau tangki air di rumah, ada baiknya anda juga memperhatikan hal-hal berikut ini. Tujuannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk mambantu proses instalasi tandon air di rumah anda agar lebih mudah. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum installasi tangki air.

1.Kemiringan Alas Tandon

Dalam instalasi tangki air, yang pertama perlu anda perhatikan adalah kemiringan alas untuk peletakan tandon air. Usahakan dalam penempatan tandon air, letakkan pada bidang yang datar atau tidak miring. Dan usahakan alas tandon terbuat dari beton agar lebih kuat. Serta pastikan alas yang dipakai benar-benar bersih dari kerikil. Gunakan sapu untuk membersihkannya.

2. Lebar Alas / Pondasi

Kemudian hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemasangan toren air adalah lebar alas atau pondasi peletakan tangki air. Idealnya dalam memasang toren air, usahakan meletakkan pada alas yang lebih luas dibandingkan diameter tangki air yang digunakan. Terlebih lagi jika tandon air anda pasang seperti tower, maka buatlah alas tangki yang lebih lebar. Hal ini diperlukan untuk mencegah agar tidak mudah jatuh ketika tandon air bergeser posisi.

3. Kekuatan Alas Tandon

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam instalasi pemasangan tandon air di rumah adalah memperhitungkan kekuatan alas. Usahakan dalam manbuat alas tandon air terbuat dari tatanan besi atau beton. Karena tidak dapat dipungkiri ketika tandon berisi air berat yang ditampung semakin berat. Jika alas tidak kuat menahan beban, maka besar kemungkinan akan ambruk.

4. Ketinggian Posisi Pemasangan Tandon air

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam memasang tandon air di rumah adalah posisi ketinggian tower atau tempat peletakan tangki air. Semakin tinggi peletakan tangki air, maka semakin besar /deras pula hasil semprotan yang dihasilkan. Jadi ketinggian posisi pemasangan tandon air, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun anda dapat menggunakan estimasi ketinggian dan penggunaan di bawah ini.

A. Ketinggian 2-4 Meter

Dalam ketinggian ini, semburan atau semprotan air yang dihasilkan sangat rendah. Maka penggunaannya sangat cocok untuk pemakaian ringan dan hanya untuk keperluan mengalirkan air saja. Pada ketinggan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghemat air.

B. Ketinggian 4-6 meter

Pada ketinggian ini semprotan atau semburan air dihasilkan sedang, tidak terlalu desar dan juga tidak terlalu lemah. Semburan air yang dihasilkan dapat menjangkau 5 – 6 meter. Dengan ketinggian ini semburan air yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencuci motor, mobil, dll.

C. Ketinggian diatas 7 meter

Dan beikutnya adalah ketinggian diatas 7 meter. Dengan ketinggian di atas 7 meter tekanan air yang dihasilakn sangat tinggi sehingga semburan air yang dihasilan sangat deras. Namun dampaknya, pengeluaran air dalam permenit semakin banyak. Dengan demikian pemakaian air semakin boros.

5. Pipa Ventilasi Udara

Hal yang paling sering terlupakan saat pemasangan tandon air adalah memasang pipa ventilasi udara. Mengapa ventilasi udara sangat penting?, sebab pipa ventilasi udara merupakan sebagai alat untuk sirkulasi udara dalam tandon. Sehingga mengurangi tekanan dari dalam tandon air.

6. Pelampung Air

Dalam pemasangan tandon air di rumah, hal yang perlu diperhatikan yang terakhir adalah pemasangan pelampung air atau biasa disebut dengan water level konrol. Anda bisa memilih menggunakan pelampung atau tidak. Jika anda memakai pelampung semuanya akan berjalan otomatis mulai dari pengisian maupun pengeluaran air dari pompa air. Namun jika tidak menggunakan, anda akan melakukannya secara serba manual.

Cara Pemasangan Tandon Air yang Benar
Cara Instalasi Pemasangan Tandon Air yang Benar
Cara Pemasangan Tandon Air yang Salah
Cara Instalasi Pemasangan Tandon Air yang Salah

Langkah-langkah Pemasangan Tandon Air di Rumah

Setelah hal-hal yang kami sebutkan di atas sudah terpenuhi, maka kini saatnya masuk pada langkah-langkah atau cara pemasangan tandon air di rumah dengan step by step. Anda juga berimprovisasi mengenai urutan langkah-langkah instalasi tangki air. Namun secara garis besar berikut adalah urutannya.

  1. Letakkan tandon air pada pondasi/bidang datar yang sudah dibuat
  2. Lakukan pengecekan menggunakan waterpass, untuk mengetahui tingkat kemiringan tangki air
  3. Setelah semua beres silahkan anda pasang ring pengaman dan pastikan terpasang dengan baik
  4. Silahkan pasang pipa ventilasi pada lubang yang telah disediakan
  5. Pasang water control / pelampung anda(optional)

Cara instasali pemasangan tandon air sebenarnya cukup dengan melakukan cara-cara di atas saja. Namun yang membuatnya agak lebih susah adalah mempersiapkan hal-hal lain dalam proses memasang tangki air. Khususnya bagi yang belum berpengalaman atau belum pernah memasang tangki air di rumah, tentu saja hal ini sangat menyulitkan.

Namun apakah cara pemasangan tandon air ini berbeda dengan pemasangan tangki air pendam? Tentu saja tidak, pemasangan tangki air pendam sangat berbeda dengan pemasangan tangki air general seperti ini.

Sumber Artikel:

https://www.mpoin.com/tips-article/19/1/2019/cara-memasang-tangki-air-mpoin