Cara Membersihkan tandon air anda

Ada saatnya kita harus membersihkan tandon air kita,apabila ternyata penampung air yang satu ini terbukti kotor terkena lumut atau hal lain sehubungan dengan cuaca yang kurang bagus.

Cara pembersihan ini merupakan salah satu cara yang paling perfect menurut saya karena langsung diambil dari WHO yang sangat mementingkan kebersihan air.

3 Tahap Pembersihan Tandon Air

ada 3 tahap pembersihan air yang menurut saya sangat penting untuk diperhatikan tahapannya ini

  1. Tahap Rehabilitasi Tangki Air
  2. Tahap Disinfektan Penampung Air
  3. Tahap Tes Klorin

yuk kita bahas satu persatu tahapan ini

1. Tahap Rehabilitasi Tangki Air

wow, keras nih bahasanya, tahap rehabilitasi, tapi memang bener nih, ada beebrapa tahapan rehabilitasi yang perlu dilakukan sebelum mengisi ulang tandon kita dengan air bersih.

a. Kosongkan Tandon

Buka saluran air untuk mengeluarkan sisa air yang masih ada di tandon. Kalo kita tidak memiliki halaman yang luas pastikan ada tempat pembuangan atau saluran air yang bagus agar air yang dibuang apabila terbukti banyak tidak perlu tersebar kemana mana dan tidak terkontrol.

Usahakan agar air yang ada di dalam terbuang semua hingga bersih agar tidak menyisakan kotoran.

b. Gosok dengan scrub semua permukaannya

Gunakan campuran deterjen dan air untuk membersihkan permukaan tangki ini. ada beberapa orang yang memang ingin masuk ke tangki untuk membersihkannya, tapi apabila tandon tersebut diisi oelh cairan kimia atau cairan lainnya selain air, adalah lebih baik bila membersihkan dari luar, dengan menggunakan tingkat yang diikat dengan sikat untuk membersihkannya, bersabarlah untuk membersihkannya terutama di bagian ujung tangki karena justru di bagian itulah yang paling sulit untuk dibersihkan dan justru penting.

c. Bersihkan dengan air untuk sisa detergen yang ada

Keliatannya hal ini mudah, tapi bila tangki yang kita punya ternyata besar dan selang pipa air kita tidak terlalu kuat untuk mencapai ujung, maka untuk membersihkan dari detergen tidak segampang perkiraan awal. ada trik untuk melakukannya.

Isilah tandon anda sampai full dengan air, diamkan beberapa lama untuk membawa semua deterjen larut ke air, dan buka saluran airnya untuk dibawa keluar semua.

Tahap 2 : Tahap Disinfektan penampung air

  • Jangan langsung mengisi air hingga full. isilah air hingga seperempatnya saja, karena kita akan menggunakan klorin untuk mendisinfektannya dahulu dan tidak ingin untuk mengurangi kekuatannya bila air berlebih di dalam. Yah,gimana donk cara memperkirakannya? bisa dengan menggunakan stik kayu yang telah ditandai.
  • Persiapkan klorin untuk disinfektan. sebisa mungkin gunakan bubuk klorin karena biasanya , bubuk klorin mempunyai kandungan mencapai 70%.
  • Berikut Cara menghitung kandungan klorin yang diperlukan:
    1. Hitung kapasitas total volume air
    2. Bawa 20 liter air bersih ke dalam ember.
    3. Tambahkan sekitar 50 gram klorin dan aduk hingga merata
    4. Tambahkan 10 liter kandungan klorin yang telah diaduk setiap m3 ( meter kubik ) volume tandon.
    5. Ingat Bahwa 1m3 = 1000lt
  • Tuangkan kandungan klorin perlahan ke tangki, tunggu beberapa saat, setelah tercampur semua, baru isi air hingga penuh.
  • Biarkan tangki hingga 1 hari penuh yaitu 24 jam, apabila tangki memiliki penutup, haruslah ditutup.
  • Bila keadaan mendesak, seperti apabila tangki ini harus digunakan untuk keadaan bencana alam, klorin bisa ditambahkan hingga 2 kali standard untuk mempercepat jam penyimpanan dari 24 jam hingga 8 jam saja.
  • Setelah disimpan selama 24 jam atau 8 jam, keluarkan isi dari tangki tersebut hingga bersih

Tahap 3 : Tahap Tes Klorin

Isi lagi tandon tersebut dengan air dan biarkan hingga 30 menit. tes sisa sisa klorin yang ada di dalam nya dengan menggunakan alat yang dinamakan comparator. Apabila konsentrasi klorin lebih dari 0.5 mg/liter , maka kosongkan tangki lagi dan isi dengan air bersih.lakukan terus hingga kandungannya kurang dari 0.5mg/ setara.

Catatan terakhir

Cara untuk membersihkan di atas digunakan khusus untuk apabila tandon adalah penampung air dan bukan untuk menampung bahan kimia. apabila menampung bahan kimia, gunakan tempat pembuangan yang jauh dari perumahan, atau apabila dimungkinkan buanglah di satu tempat penampungan kecil lalu campur dengan pasir, barulah ditimbun di dalam tanah.

Itulah kurang lebih cara untuk membersihkan tandon air, bagaimana dengan cara anda biasanya? yuk kita bahas bersama.